Sabtu, 28 Januari 2017

Tipologi Bangunan Rumah Sakit Swasta

Analisis Bangunan : Rumah Sakit Unggul Karsa Medika

Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha merupakan salah satu fakultas kedokteran swasta tertua di Indonesia yang berdiri sejak 1965. Pembangunan RS Pendidikan Unggul Karsa Medika ditujukan untuk memfasilitasi kegiatan belajar Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha. Lokasi Pengembangan RS Pendidikan  berada di kawasan Real estate Taman Kopo Indah III. Area pengembangan Rumah Sakit ini memiliki luas sekitar 50.000 . Luas site yang dipakai dalam Tahap awal pengembangan Rumah Sakit Pendidikan Unggul Karsa Medika adalah 30.000 , di tahap berikutnya akan dikembangkan unit –unit bangunan Riset dan Asrama, memanfaatkan bagian lahan berikutnya yaitu 20.000 .
Dengan diarahkannya Rumah Sakit Pendidikan Unggul Karsa Medika sebagai rumah sakit rujukan sekaligus rumah sakit riset dengan kapasitas 200 TT, maka diharapkan memiliki fasilitas dan kemampuan pelayanan medik spesialistik sekurang-kurangnya empat spesialistik dasar lengkap, yaitu penyakit dalam, bedah, kebidanan dan penyakit kandungan serta kesehatan anak, ditambah dengan penunjang medik serta non-medik. Layanan tersebut dikelompokkan dalam tata fungsi layanan umum.

Pembagian Zona
·      Zona Medik – Zona ini merupakan area yang berfungsi sebagai layanan medik, bagi pasien. Terdiri dari unit layanan medik, seperti IGD, Radiologi, IRJA, IRNA, OK, ICU, VK, perinatologi dan unit layanan pendukung antara lain farmasi dan rekam medik..
·      Zona Akademik – Zona ini merupakan area yang berfungsi untuk kegiatan akademik dari mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran dan bimbingan praktek Koas. Zona akademik memiliki akses langsung menuju zona medik, karena fungsinya yang erat sebagai kesatuan Rumah Sakit Pendidikan.
·      Zona Servis – Zona ini merupakan area yang berfungsi sebagai penunjang fungsi layanan medik Rumah Sakit. Beberapa fungsi penunjang tersebut antara lain dapur gizi, laundry, kantor, power house, dan IPAL.

Denah
Bangunan Rumah Sakit Pendidikan Unggul Karsa Medika direncanakan terdiri dari 8 gedung dengan ketinggian 3 dan 4 lantai. Rumah sakit ini  akan  memiliki kapasitas  182 bed rawat inap, 4 ruang operasi, 5 bed ICU, 8 bed HCU, 10 bed NICU, 4 Bed PICU, 9 bed VK, dengan dilengkapi juga fasilitas radiologi seperti CT-scan, x-ray, MRI, fluoroscopy, mammography, dan USG.
Sementara untuk fasilitas poliklinik disediakan 40 klinik di lantai dasar. Selain itu fungsi rumah sakit ini sebagai rumah sakit pendidikan, maka disetiap instalasi disediakan ruang-ruang untuk diskusi koas mahasiswa kedokteran, dan area belakang terdapat 3 gedung yang difungsikan sebagai ruang riset dan belajar mengajar bagi mahasiswa fakultas kedokteran. Dengan perencanaan peletakkan masa bangunan yang berdekatan diharapkan fungsi rumah sakit ini baik sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat sekaligus sebagai tempat kegiatan akademik dan riset juga terlaksana dengan baik dan cepat.
 Siteplan

SITEPLAN


 Denah Lantai 1


 Denah Lantai 2
 

Denah Lantai 3


Denah Lantai 4


Bangunan

Pada bagian fasad direncanakan  memiliki tampilan dengan bentukan geometris yang tegas, penggunaan material yang mudah maintenancenya serta memaksimalkan segala potensi pencahayaan dan penghawaan alami ke ruang dalam. Seperti halnya pada area poliklinik, ruang tunggu diletakkan di sisi tepi luar bangunan diharapkan selain memberi view yang baik ke taman bagi para pasien yang menunggu, juga menjadi peluang masuknya cahaya dan penghawaan alami ke ruang tunggu, sehingga tidak diperlukan penggunaan AC di area tersebut. Dimensi bangunan yang tidak terlalu lebar juga ditujukan agar memudahkan masuknya cahaya dan penghawaan alami ke ruang-ruang dalam, sehingga akan berdampak positif dalam penghematan pemanfaatan energy listrik baik untuk AC dan juga penerangan.








1 komentar:

  1. permisi pak, apakah boleh ijin minta data CAD dan JPG untuk desain rumah sakit ini? Terima Kasih

    BalasHapus

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com

Copyright © Vanvan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑